Fluid Hidrodynamics menggunakan Ansys CFD

CFD adalah penghitungan yang mengkhususkan pada fluida, mulai dari aliran fluida, heat transfer dan reaksi kimia yang terjadi pada fluida. Atas prinsip-prinsip dasar mekanika fluida, konservasi energi, momentum, massa, serta species, penghitungan dengan CFD dapat dilakukan. Secara sederhana proses penghitungan yang dilakukan oleh aplikasi CFD adalah dengan kontrol-kontrol penghitungan yang telah dilakukan maka kontrol penghitungan tersebut akan dilibatkan dengan memanfaatkan persamaan-persamaan yang terlibat. Persamaan-persamaan ini adalah persamaan yang dibangkitkan dengan memasukkan parameter apa saja yang terlibat dalam domain. Misalnya ketika suatu model yang akan dianalisa melibatkan temperatur berarti model tersebut melibatkan persamaan energi atau konservasi dari energi tersebut. Inisialisasi awal dari persamaan adalah boundary condition. Boundary condition adalah kondisi dimana kontrol-kontrol perhitungan didefinisikan sebagi definisi awal yang akan dilibatkan ke kontrol-kontrol penghitungan yang berdekatan dengannya melalui persamaan-persamaan yang terlibat.
Kemampuan CFD dan pesatnya perkembangan kecepatan komputasi telah membuat penggunaan CFD sebagai alat untuk mendapatkan solusi dalam dunia engineering. Penggunaannya telah meliputi area yang luas pada industri dan aplikasi-aplikasi keilmuan. CFD dapat digunakan  untuk menghasilkan prediksi kualitatif dan terkadang bahkan prediksi kualitatif dalam aliran fluida.
Tahapan menggunakan ANSYS CFD untuk analisa presure n velocity benda yg terkena fluida
1. Melakukan pemodelan di ICEM yang sudah terintegrasi dengan ANSYS, aplikasi ini digunakan untuk pemodelan dan pendefinisian tiap2 part: inlet, outline, wall, fluid
2. selanjutnya melakukan meshing model, dengan fasilitas tool mesh masukan input unit tiap2 part untuk kemudian dilakukan compute meshing.
3. gunakan tool output untuk export file kedalam CFX-pre untuk kemudian dilakukan pengaplikasian tiap boudery (inflow, outflow, wall, dll) dan dilkukan analisa (define run). definisikan aliran di inflow jenis (air/udara) keceptan fluida, bgtupun out flow, wall.

4. hasil running didapat berupa data grafik, visualisasi, serta animasi model akibat fluida tersebut: dibawah ini merupkan visualisasi grafik kontur velocity dan animasi streamline.




1 Komentar

  1. Keren bro,bikin toritorial donk,he...oya udah pernah bandingin dengan Gambit,Fluent belum?
    Salam perkapalan

    BalasHapus