Floating Production Storage & Offloading (FPSO)

Floating Production Storage & Offloading(FPSO) didefinisikan sebagai kapal apung yang digunakan oleh industri lepas pantai untuk pengolahan dan penyimpanan minyak dan gas. Sebuah kapal FPSO ini dirancang untuk menerima minyak atau gas yang dihasilkan dari platform terdekat atau subsea template , prosesnya, dan penyimpananya sampai minyak atau gas dapat didistribusikan ke kapal tanker atau diangkut melalui pipa. FPSOs lebih disukai di daerah perbatasan lepas pantai karena mudah dalam hal instalasi, dan tidak memerlukan infrastruktur pipa lokal untuk ekspor minyak dan gas.

Fasilitas produksi yang terpasang harus mendukung yang terdapat di atas dek kapal. Fluida reservoir dialirkan dari sumur-sumur produksi bawah laut melalui flowlines dan risers naik ke menara dan kemudian ke fasilitas produksi. Minyak yang dihasilkan disimpan dalam tangki kapal kargo dan secara berkala diturunkan/ didistribusikan ke kapal tanker antar-jemput melalui selang loading.
FPSO desain telah menunjukkan evolusi cepat dalam beberapa tahun terakhir. Konsep ini lebih banyak dan lebih sering digunakan untuk solusi perairan dalam dan di samping itu konsep desain baru tengah dipertimbangkan. (referensi)
 
Konsep FPSO seringkali didasarkan pada kapal tanker yang diubah. Standar pembuatan kapal bisa langsung diterapkan dan desain lambung bisa dipenuhi pada Aturan kapal yang ada. Namun, kriteria desain kapal tanker yang spesifik operasionalnya tidak lagi berlaku untuk FPSOs sebagai badan kapal sekarang lebih menjadi floater dengan kapasitas penyimpanan daripada sebuah kapal tanker berlayar. Oleh karena itu dibenarkan untuk meningkatkan pertanyaan apakah membangun baru FPSO dianggap sebagai struktur lepas pantai atau bahwa prinsip-prinsip maritim tradisional masih berlaku.


0 Komentar